cara menyusun PTK │penelitian Tindakan Kelas│ ptk.id


Cara Menyusun PTK (Penelitian Tindakan Kelas


Dibawah ini adalah cara meyusun PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Namun bilamana anda ingin mendapatkan PTK secpatnya, dan tidak mau ribet menyusunya kami siap membantu anda Hubungi Kami segera untuk pemesanya:


CS 1 : 083849719063 (whatsapp)

CS 2 : 081220099019 (whatsapp)




Cara Menyusun  PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Beserta Contoh Formatnya_Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai bagian dari penelitian tindakan (action research) yang dilakukan di kelas bertujuan memperbaiki mutu praktik di kelas. sedangkan tujuan utamanya adalah meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran, mengatasi masalah pembelajaran, meningkatkan profesionalisme, dan menumbuhkan budaya akademik. PTK makin diminati dan menjadi prioritas di kalangan para guru. Oleh karena itu, pengetahuan tentang PTK makin dibutuhkan. Masih banyak guru yang membuat karya tulis ilmiah (KTI) menyebut tulisannya sebagai PTK, tetapi sebenarnya belum atau bahkan bukan PTK.

Cara-Menyusun-Laporan-PTK-Penelitian-Tindakan-Kelas-Beserta-Contoh-Formatnya
Pada dasarnya ada beragam penelitian yang dapat dilakukan oleh guru, misalnya penelitian deskriptif, penelitian eksperimen, dan penelitian tindakan. Di antara jenis penelitian  tersebut yang diutamakan dan disarankan adalah penelitian tindakan kelas.
Dalam penelitian tindakan terdapat kata tindakan, artinya  dalam hal ini guru  melakukan sesuatu. Arah dan tujuan penelitian yang dilakukan oleh guru harus jelas, yaitu untuk kepentingan peserta didik dalam meningkatkan hasil belajarnya,  bukan untuk kepentingan guru.
Cara Menyusun PTK (Penelitian Tindakan Kelas
Setelah melakukan PTK, guru dituntut untuk dapat menulis laporannya. Dalam penyusunan laporan, perlu mengikuti garis besar sistematika yang umum digunakan. Untuk memudahkan menulis laporan, terlebih dahulu harus dikembangkan format atau struktur laporan. Secara garis besar, laporan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pembukaan, bagian isi, dan bagian penunjang. Bagian pembukaan terdiri atas halaman judul, halaman pengesahan, dan abstrak. Bagian isi terdiri atas pendahuluan, prosedur, hasil dan pembahasan, simpulan dan rekomendasi atau saran. Bagian penunjang terdiri atas daftar pustaka, lampiran-lampiran yang perlu, dan lampiran instrumen penelitian. Penjelasan rinci, dapat diperhatikan contoh salah satu format laporan PTK berikut ini.
Laporan PTK dibuat setelah penelitian selesai dilakukan dan setelah data di peroleh dari lapangan kemudian dianalisis ,jadi laporan bukanlah karangan si penulis yang dibuat tanpa disertai data dan informasi yang diperoeh dilapangan ,Untuk memudahkan menulis laporan lakukanlah hal-hal berikut :
1)Kembangkan Judul /Sub Judul untuk setiap bagian dari format yang dikembangkan untuk memberi isi pada laporan tersebut

2) Tuliskan apa yang ada dalam pikiran anda ,baik itu isi fakta ,konsep atau informasi lainya,tanpa memikirkan bentuk dan susunan kalimatnya terlebih dahulu.

3) Apabila isi yang anda inginkan sudah masuk dalam laporan tersebut,betulkan bentuk dan format yang dikembangkan.

4) Betulkan kalimatnya sesuai dengan gramatka ,sintaks,dan gaya penulisanya , Hal lain yang penting dalam menulis laporan PTK adalah sinkronasi antara masalah,tujuan,hipotesis tindakan,dan kesimpulan.hal ini sangat penting karena masalah sebagai titik tolak dalam melakuan PTK.sehingga hasil dan kesimpulanya harus berupa cara untuk mengatasi masalah terssebut, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa laporan PTK adalah cara untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam prose pembelajaran.
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Abstrak
(Bahasa Indonesia + Bahasa Inggris, maksimum masing-masing 150-250 kata )
KATA PENGANTAR
DARTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN

BAB I    PENDAHULUAN

A. Masalah dan latar belakang masalah              


              
              

Uraikan secara lugas masalah yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya masalah tersebut, dan tingkat masalah yang ingin ditanggulangi oleh peneliti.
B. Rumusan masalah              


Uraikan secara singkat bentuk tindakan yang akan diambil (misal: mengapa berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi/ TIK?), argumentasi teoretik dan/atau empirik pemilihan tindakan, dan rumuskan hipotesis tindakan sebagai landasan tindakan yang digunakan (bila dipandang memungkinkan).

C. Tujuan penelitian              

Uraikan hasil penelitian yang diharapkan (anticipated results) dari penelitian ini.

D. Ruang Lingkup Penelitian

Sebutkan lingkup atau batas- batas tindakan yang akan diambil peneliti.

E. Manfaat penelitian
Uraikan secara jelas manfaat hasil penelitian bagi sekolah (misalnya: pengembangan kurikulum,  kebijakan, guru, maupun siswa, dsb.)

BAB II    PEMBAHASAN, KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS          

A. Pembahasan 



uraikan dengan seksama dan deskriktif variabel penelitian anda (Uraikan variabel X dan Y)

B. Kerangka pikir              

Adalah sintaks dari hasil analisa variabel penelitian yang berbentuk skema yang menghasilkan sebuah pernyataan

C. Hipotesis        

Berisi dugaan sementara calon peneliti terkait variabel penelitian yang biasanya ditandai dengan kalimat :jika... maka...

BAB III PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN KELAS              

A. Setting Penelitian
Sebutkan Lokasi Penelitian, waktu penyelenggaraan penelitian ( Misla ; semester 1,2 bulan ,tahun,dst) dan Karakteristik kelompok sasaran yang menjadi subjek penelitian, serta bentk aktifitas penggunaan ICT dalam Pembelajaran.

B.Prosedur Penelitian               
              








1) .Gambran Umum penelitian uraikan gambaran umum penelitian yang diakukakan termasuk jumlah dan prosuder siklus penelitian yang dilakukan.

2) .Rincian Prosuder Penelitian :
a) Persiapan Tindakan
Sebutkan Persiapan apa saja yang dilakukan ( seperti analisis diagnostik untuk menspesifikasi masalah dan rincian penyebab timbulnya masalah ) pembuatan alat - alat berbasis TIK dalam rangka tindakan dan lain lain yang terkait dengan pelaksanaan tindakan di kelas

b) Implementasi Tindaan
Deskripsika tidakan yang akan diambil skenario kerja,dan prosedur tindakan yang digunakan ,beserta kriteria keberhasilan tindakanya

b)Pemantuan dan evakuasi
uraian prosuder pemantauan dan evaluasi tindakan ,alat-alat pemantauan dan evaluasi yang digunakan ,beserta kriteria keberhasilan tindakanya.

d) Analisis dan Refleksi
Uraian prosedur analisis hasil pemantauan dan efleksi terhadap tindkan yang diambil ,tim yang terlibat dalam analisis hasil pemantauan dan refleksi ,kriteria dan rencana bagi tindakan daur ulang.

BAB IV:HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN                  


Sajikan hasil penelitian atau temuan setelah tindakan dilaksanakan dan penyajian temuan harus sesuai dengan maslah yang telah dirumuskan,dan dilakukan pembahasan secara lengkap tentang temuan atau hasil PTK tersebut.pembahasaan hendaknya memberikan penjelasan tentang kegagalan maupun keberhasilan penerapan TIK dalam Pembelajaran ,tentu bila salah satu atau keduanya ada ,suatu tindakan.
BAB V : SIMPULAN DAN SARAN       

A. Simpulan        



Simpulkan hasil penelitian yang diperoleh secara lengkap sesuai dengan masalh yang ditelit
B.Saran - saran  

Ajukan saran - saran untuk penerapan hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih lanjut dimasa mendatang.

DAFTAR PUSTAKA                             
LAMPIRAN - LAMPIRAN         



A. Model program 


              
              



Materi pembelajaran berbasis TIK Multimedia yang sekaligus memperlihatkan skenario tindakan.



B. Instrumen Penelitian              


C. Data Pendukung
(hasil rekap tabulasi data ,foto,dll)
D. Dll    



Laporan PTK dibuat setelah penelitian selesai dilakukan dan setelah data diperoleh dari lapangan kemudian dianalisis. Jadi laporan bukanlah karangan si penulis yang dibuat tanpa disertai data dan informasi yang diperoleh di lapangan. Untuk memudahkan menulis laporan lakukanlah hal-hal berikut:
1.  Kembangkan judul atau sub judul untuk setiap bagian dari format yang dikembangkan untuk memberi isi pada laporan tersebut.
2. Tuliskan apa yang ada dalam pikiran Anda, baik itu isi, fakta, konsep atau informasi lainnya, tanpa memikirkan bentuk dan susunan kalimatnya terlebih dahulu.
3. Apabila  isi yang Anda inginkan sudah masuk dalam laporan tersebut, betulkan bentuk dan formatnya sesuai dengan bentuk dan format yang dikembangkan.
4. Betulkan kalimatnya sesuai dengan gramatika, sintaks, dan gaya penulisannya.
Hal lain yang penting dalam menulis laporan PTK adalah sinkronisasi antara masalah, tujuan, hipotesis tindakan, dan kesimpulan. Hal ini sangat  penting, karena masalah sebagai titik tolak dalam melakukan PTK, sehingga hasil dan kesimpulannya harus berupa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa laporan PTK adalah cara untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran.

Bagaimana Masih Bersikeras Menyusun sendiri atau sudah berminat memkai jasa profesiinalisme kami, untuk menyusunkan PTK yang sesuai dengan anda harapkan. jangan tunggu lagi ambil HP anda hubungi kami segera:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages