Cara Menyusun PTK (Penelitian Tindakan Kelas
Dibawah ini adalah cara meyusun PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Namun
bilamana anda ingin mendapatkan PTK secpatnya, dan tidak mau ribet menyusunya kami
siap membantu anda Hubungi Kami segera untuk pemesanya:
CS 1 : 083849719063 (whatsapp)
CS 2 : 081220099019 (whatsapp)
Cara
Menyusun PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
Beserta Contoh Formatnya_Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai bagian dari
penelitian tindakan (action research) yang dilakukan di kelas bertujuan
memperbaiki mutu praktik di kelas. sedangkan tujuan utamanya adalah
meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran, mengatasi masalah
pembelajaran, meningkatkan profesionalisme, dan menumbuhkan budaya akademik.
PTK makin diminati dan menjadi prioritas di kalangan para guru. Oleh karena
itu, pengetahuan tentang PTK makin dibutuhkan. Masih banyak guru yang membuat
karya tulis ilmiah (KTI) menyebut tulisannya sebagai PTK, tetapi sebenarnya
belum atau bahkan bukan PTK.
Cara-Menyusun-Laporan-PTK-Penelitian-Tindakan-Kelas-Beserta-Contoh-Formatnya
Pada dasarnya
ada beragam penelitian yang dapat dilakukan oleh guru, misalnya penelitian
deskriptif, penelitian eksperimen, dan penelitian tindakan. Di antara jenis
penelitian tersebut yang diutamakan dan
disarankan adalah penelitian tindakan kelas.
Dalam
penelitian tindakan terdapat kata tindakan, artinya dalam hal ini guru melakukan sesuatu. Arah dan tujuan penelitian
yang dilakukan oleh guru harus jelas, yaitu untuk kepentingan peserta didik
dalam meningkatkan hasil belajarnya,
bukan untuk kepentingan guru.
Cara Menyusun
PTK (Penelitian Tindakan Kelas
Setelah
melakukan PTK, guru dituntut untuk dapat menulis laporannya. Dalam penyusunan
laporan, perlu mengikuti garis besar sistematika yang umum digunakan. Untuk
memudahkan menulis laporan, terlebih dahulu harus dikembangkan format atau
struktur laporan. Secara garis besar, laporan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu
bagian pembukaan, bagian isi, dan bagian penunjang. Bagian pembukaan terdiri
atas halaman judul, halaman pengesahan, dan abstrak. Bagian isi terdiri atas
pendahuluan, prosedur, hasil dan pembahasan, simpulan dan rekomendasi atau
saran. Bagian penunjang terdiri atas daftar pustaka, lampiran-lampiran yang
perlu, dan lampiran instrumen penelitian. Penjelasan rinci, dapat diperhatikan
contoh salah satu format laporan PTK berikut ini.
Laporan PTK
dibuat setelah penelitian selesai dilakukan dan setelah data di peroleh dari
lapangan kemudian dianalisis ,jadi laporan bukanlah karangan si penulis yang
dibuat tanpa disertai data dan informasi yang diperoeh dilapangan ,Untuk
memudahkan menulis laporan lakukanlah hal-hal berikut :
1)Kembangkan
Judul /Sub Judul untuk setiap bagian dari format yang dikembangkan untuk
memberi isi pada laporan tersebut
2) Tuliskan
apa yang ada dalam pikiran anda ,baik itu isi fakta ,konsep atau informasi
lainya,tanpa memikirkan bentuk dan susunan kalimatnya terlebih dahulu.
3) Apabila
isi yang anda inginkan sudah masuk dalam laporan tersebut,betulkan bentuk dan
format yang dikembangkan.
4) Betulkan
kalimatnya sesuai dengan gramatka ,sintaks,dan gaya penulisanya , Hal lain yang
penting dalam menulis laporan PTK adalah sinkronasi antara
masalah,tujuan,hipotesis tindakan,dan kesimpulan.hal ini sangat penting karena
masalah sebagai titik tolak dalam melakuan PTK.sehingga hasil dan kesimpulanya
harus berupa cara untuk mengatasi masalah terssebut, Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa laporan PTK adalah cara untuk memecahkan permasalahan yang
dihadapi dalam prose pembelajaran.
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Abstrak
(Bahasa Indonesia +
Bahasa Inggris, maksimum masing-masing 150-250 kata )
KATA PENGANTAR
DARTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
|
||
BAB I PENDAHULUAN
|
A. Masalah dan latar
belakang masalah
|
Uraikan secara lugas
masalah yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya masalah tersebut, dan
tingkat masalah yang ingin ditanggulangi oleh peneliti.
|
B. Rumusan masalah
|
Uraikan secara singkat
bentuk tindakan yang akan diambil (misal: mengapa berbasis Teknologi
Informasi dan Komunikasi/ TIK?), argumentasi teoretik dan/atau empirik
pemilihan tindakan, dan rumuskan hipotesis tindakan sebagai landasan tindakan
yang digunakan (bila dipandang memungkinkan).
|
|
C. Tujuan penelitian
|
Uraikan hasil
penelitian yang diharapkan (anticipated results) dari penelitian ini.
|
|
D. Ruang Lingkup
Penelitian
|
Sebutkan lingkup atau
batas- batas tindakan yang akan diambil peneliti.
|
|
E. Manfaat penelitian
|
Uraikan secara jelas
manfaat hasil penelitian bagi sekolah (misalnya: pengembangan kurikulum, kebijakan, guru, maupun siswa, dsb.)
|
|
BAB II PEMBAHASAN, KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS
|
A. Pembahasan
|
uraikan dengan seksama
dan deskriktif variabel penelitian anda (Uraikan variabel X dan Y)
|
B. Kerangka pikir
|
Adalah sintaks dari
hasil analisa variabel penelitian yang berbentuk skema yang menghasilkan
sebuah pernyataan
|
|
C. Hipotesis
|
Berisi dugaan
sementara calon peneliti terkait variabel penelitian yang biasanya ditandai
dengan kalimat :jika... maka...
|
|
BAB III PROSEDUR
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
|
A. Setting Penelitian
|
Sebutkan Lokasi
Penelitian, waktu penyelenggaraan penelitian ( Misla ; semester 1,2 bulan
,tahun,dst) dan Karakteristik kelompok sasaran yang menjadi subjek
penelitian, serta bentk aktifitas penggunaan ICT dalam Pembelajaran.
|
B.Prosedur Penelitian
|
1) .Gambran Umum
penelitian uraikan gambaran umum penelitian yang diakukakan termasuk jumlah
dan prosuder siklus penelitian yang dilakukan.
|
|
2) .Rincian Prosuder
Penelitian :
a) Persiapan Tindakan
Sebutkan Persiapan apa
saja yang dilakukan ( seperti analisis diagnostik untuk menspesifikasi
masalah dan rincian penyebab timbulnya masalah ) pembuatan alat - alat
berbasis TIK dalam rangka tindakan dan lain lain yang terkait dengan
pelaksanaan tindakan di kelas
b) Implementasi
Tindaan
Deskripsika tidakan
yang akan diambil skenario kerja,dan prosedur tindakan yang digunakan
,beserta kriteria keberhasilan tindakanya
b)Pemantuan dan
evakuasi
uraian prosuder
pemantauan dan evaluasi tindakan ,alat-alat pemantauan dan evaluasi yang
digunakan ,beserta kriteria keberhasilan tindakanya.
d) Analisis dan
Refleksi
Uraian prosedur
analisis hasil pemantauan dan efleksi terhadap tindkan yang diambil ,tim yang
terlibat dalam analisis hasil pemantauan dan refleksi ,kriteria dan rencana
bagi tindakan daur ulang.
|
||
BAB IV:HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
|
Sajikan hasil
penelitian atau temuan setelah tindakan dilaksanakan dan penyajian temuan
harus sesuai dengan maslah yang telah dirumuskan,dan dilakukan pembahasan
secara lengkap tentang temuan atau hasil PTK tersebut.pembahasaan hendaknya
memberikan penjelasan tentang kegagalan maupun keberhasilan penerapan TIK
dalam Pembelajaran ,tentu bila salah satu atau keduanya ada ,suatu tindakan.
|
|
BAB V : SIMPULAN DAN
SARAN
|
A. Simpulan
|
Simpulkan hasil
penelitian yang diperoleh secara lengkap sesuai dengan masalh yang ditelit
|
B.Saran - saran
|
Ajukan saran - saran
untuk penerapan hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih lanjut
dimasa mendatang.
|
|
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN - LAMPIRAN
|
A. Model program
|
Materi pembelajaran
berbasis TIK Multimedia yang sekaligus memperlihatkan skenario tindakan.
|
B. Instrumen
Penelitian
|
||
C. Data Pendukung
|
(hasil rekap tabulasi
data ,foto,dll)
|
|
D. Dll
|
||
Laporan PTK dibuat
setelah penelitian selesai dilakukan dan setelah data diperoleh dari lapangan
kemudian dianalisis. Jadi laporan bukanlah karangan si penulis yang dibuat
tanpa disertai data dan informasi yang diperoleh di lapangan. Untuk
memudahkan menulis laporan lakukanlah hal-hal berikut:
1. Kembangkan judul atau sub judul untuk
setiap bagian dari format yang dikembangkan untuk memberi isi pada laporan
tersebut.
2. Tuliskan apa yang
ada dalam pikiran Anda, baik itu isi, fakta, konsep atau informasi lainnya,
tanpa memikirkan bentuk dan susunan kalimatnya terlebih dahulu.
3. Apabila isi yang Anda inginkan sudah masuk dalam
laporan tersebut, betulkan bentuk dan formatnya sesuai dengan bentuk dan
format yang dikembangkan.
4. Betulkan kalimatnya
sesuai dengan gramatika, sintaks, dan gaya penulisannya.
Hal lain yang penting
dalam menulis laporan PTK adalah sinkronisasi antara masalah, tujuan,
hipotesis tindakan, dan kesimpulan. Hal ini sangat penting, karena masalah sebagai titik tolak
dalam melakukan PTK, sehingga hasil dan kesimpulannya harus berupa cara untuk
mengatasi masalah tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa laporan
PTK adalah cara untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam proses
pembelajaran.
|
Bagaimana
Masih Bersikeras Menyusun sendiri atau sudah berminat memkai jasa
profesiinalisme kami, untuk menyusunkan PTK yang sesuai dengan anda harapkan.
jangan tunggu lagi ambil HP anda hubungi kami segera:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar