Di Bawah ini adalah contoh PTK SD kelas 1 dengan judul
"UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM MENDESKRIPSIKAN BENDA - BENDA DI SEKITAR MELAULUI METODE TEBAK KATA TAHUN 2015/2016"
PENTING!!!!
Namun bila mana anda tidak mempunyai waktu untuk mengerjakanya ,dan anda sedang memerlukanya secepat mungkin, Tenang kami hadir untuk membantu menyelsaikan masalah anda !
ya!! sekarang ambil HP android anda lalu hubungi (chat) CS kami:
CS 1 : 083849719063 (whatsapp)
CS 2 : 081220099019 (whatsapp)
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah
Fungsi utama bahasa ialah sebagai
alat berkomunikasi melalui pengajaran bahasa, siswa Sekolah Dasar diharapkan
dapat menggunakan Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi yang efektif dan
efisien. Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia menunjang mata pelajaran
lainnya. Dari segi alat komunikasi, jelas terlihat bahwa pengajaran bahasa
memperlancar pemahaman mata pelajaran lain. Dari segi isi materi pengajaran
bahasa dapat membantu setiap mata pelajaran lainnya. Sebelum memasuki sekolah
formal, rata- rata anak Indonesia menggunakan bahasa daerahnya. Di sekolah,
mereka diajari Bahasa Indonesia. Mulai Kelas 1 SD, Bahasa Indonesia sudah atau
mulai dipakai sebagai bahasa pengantar. Mengingat pentingnya pengajaran Bahasa
dan Sastra Indonesia, khususnya di sekolah, perlu mendapatkan perhatian secara
khusus. Di sisi lain, kondisi riil di lapangan menunjukkan bahwa dalam
pelaksanaannya, pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, terutama di Sekolah
Dasar, banyak kesulitan yang dihadapi oleh siswa.
Para pakar dan pemerhati pendidikan banyak
yang mengemukakan bahwa salah satu bentuk kesulitan para siswa di sekolah
adalah dalam hal membaca. Hal ini dapat dilihat dalam merumuskan bentuk-bentuk
kesulitan belajar, mereka mengidentifikasi salah satunya adalah membaca.
Menurut Sudardi (2001) membaca merupakan aktifitas auditif dan visual untuk
memperoleh makna dari simbol berupa huruf atau kata. Aktifitas ini meliputi dua
proses, yaitu proses decoding, juga dikenal dengan istilah membaca teknis, dan
proses pemahaman. Selanjutnya djelaskan oleh Sudardi (2001) yang dimaksud
membaca teknis ialah proses decoding atau mengubah simbol-simbol tertulis
berupa huruf atau kata menjadi sistem bunyi atau sejenisnya. Proses decoding
ini juga disebut pengenalan kata.
Siswa kelas 1 di SD N CONTOH sebagian
besar adalah siswa yang telah mengenal pendidikan TK, dengan tingkat kesadaran
akan pentingnya pendidikan yang sudah cukup memadai, namun siswa kelas 1 masih
mengalami kesulitan dalam hal memahami makna dan maksud dari kalimat-kalimat
yang di baca karena mereka hanya membaca sekedar membaca. Siswa mengalami
kesulitan ketika harus membaca kata-kata yang agak panjang sehingga apa yang
hendak disampaikan masih sulit dipahami. Sebagian siswa juga menunjukkan
indikasi malu kepada guru sehingga ketika guru memberikan bimbigan individu
siswa justru diam. Melihat kondisi siswa yang lemah dalam hal pemahaman isi dan
maksud kalimat merupakan tantangan berat bagi guru kelas 1 adalah dalam
menyampaikan materi deskripsi benda karena siswa dihadapkan pada rangkain kalimat
yang ujung-ujungnya merupakan petunjuk tentang sebuah benda yang harus di tebak dengan benar.
Karena kenyataan tersebut maka
peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk memecahkan permasalah
tentang mendeskripsikan benda-benda di sekitar dengan sebuah design solusi
berupa permainan tebak kata yang akan membuat siswa tertarik dan membuat
pembelajaran yang sebelumnya dianggap sulit dan membosankan menjadi
menyenangkan bagi siswa.
Metode Tebak kata merupakan
penyampaian materi ajar dengan menggunakan kata-kata singkat dalam bentuk kartu
permainan sehingga anak dapat menerima pesan pembelajaran melalui kartu itu.
Menebak kata merupakan aktivitas pembelajaran yang pertama dan utama dalam
mewujudkan keberhasilan proses belajar mengajar. Melalui tebak kata, siswa
diarahkan untuk memahami dan mengetahui
pesan-pesan yang terkandung dalam amteri. Jadi dengan mampunya siswa
menebak kata berarti mencerminkan kemampuan siswa dalam menguasai dan memahami
materi yang ada. Oleh karenanya, melalui
metode tebak kata diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan siswa dalam
mendeskripsikan benda-benda disekitar.
Oleh karena itu guru kelas yang di sini juga berperan sebagai peneliti
ingin melakukan kajian lebih dalam dengan mengambil judul “UPAYA MENINGKATKAN
KETRAMPILAN SISWA DALAM MENDESKRIPSIKAN BENDA-BENDA DI SEKITAR MELALUI METODE
TEBAK KATA DI KELAS 1 SDN CONTOH TAHUN AJARAN 2015/2016”
B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas di kelas 1
SD N CONTOH pada semester 2 tahun ajaran
2015 -2016 ini adalah bagaimana meningkatkan meningkatkan ketrampilan siswa
dalam mendeskripsikan benda-benda di sekitar melalui metode tebak kata di kelas
1 SDN CONTOH tahun ajaran 2015/2016?
C.Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana meningkatkan meningkatkan ketrampilan siswa dalam
mendeskripsikan benda-benda di sekitar melalui metode tebak kata di kelas 1 SDN
CONTOH tahun ajaran 2015/2016.
D. Pembatasan
Penelitian
Batasan penelitian dalam PTK yang berjudul “UPAYA
MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM MENDESKRIPSIKAN BENDA-BENDA DI SEKITAR
MELALUI METODE TEBAK KATA DI KELAS 1 SDN CONTOH TAHUN AJARAN 2015/2016” ini
adalah:
1) Ketrampilan Siswa Dalam Mendeskripsikan Benda-Benda
Yang dimaksud siswa dalam mendeskripsikan benda-benda dalam
penelitian ini adalah ketrampilan siswa menjelaskan
ciri- ciri benda di sekitar
2) Metode Tebak Kata
Metode tebak kata yang dilaksanakan dalam penelitian ini
adalah metode mengajar yang menyajikan penyampaian materi ajar dengan
menggunakan kata-kata singkat dalam bentuk kartu permainan sehingga anak dapat
menerima pesan pembelajaran melalui kartu itu.
E. Kegunaan Hasil
Penelitian
1). Manfaat
Teoritis
Penelitian diharapkan dapat melengkapi teori pembelajaran
yang berkaitan dengan kemampuan siswa menjelaskan ciri- ciri benda di sekitar
melalui metode tebak kata pada siswa kelas I SD N CONTOH Tahun Pelajaran
2015/2016
2). Manfaat Praktis
Manfaat bagi guru
• Meningkatkan
profesionalisme guru.
• Menambah
wawasan guru.
• Menambah
pengetahuan tentang model pembelajaran.
• Manfaat
bagi siswa
• Meningkatkan
keaktifan dan minat belajar siswa dalam belajar.
• Meningkatkan
kemampuan siswa dalam mendeskripsikan benda di lingkungan sekitar.
Manfaat bagi sekolah
- Memberi sumbangan yang berharga bagi sekolah bahwa
penggunaan metode tebak kata dapat meningkatkan ketrampilan siswa menjelaskan
ciri- ciri benda di sekitar
- Memberikan wawasan kepada guru-guru lain bahwa metode
tebak kata dapat digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah rendahnya hasil
belajar siswa.
CS 2 : 081220099019 (whatsapp)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar