Contoh Proposal PTK | Penelitian Tindakan Kelas | 1 SD | Bahasa Indonesia | ptk.id




Di Bawah ini adalah contoh PTK SD kelas 1 dengan judul 
"UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM MENDESKRIPSIKAN BENDA - BENDA DI SEKITAR MELAULUI METODE TEBAK KATA TAHUN 2015/2016"

PENTING!!!!
Namun bila mana anda tidak mempunyai waktu untuk mengerjakanya ,dan anda sedang memerlukanya secepat mungkin, Tenang kami hadir untuk membantu menyelsaikan masalah anda !
ya!! sekarang ambil HP android anda lalu hubungi (chat) CS kami: 


CS 1 : 083849719063 (whatsapp)


CS 2 : 081220099019 (whatsapp)






BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Fungsi utama bahasa ialah sebagai alat berkomunikasi melalui pengajaran bahasa, siswa Sekolah Dasar diharapkan dapat menggunakan Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi yang efektif dan efisien. Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia menunjang mata pelajaran lainnya. Dari segi alat komunikasi, jelas terlihat bahwa pengajaran bahasa memperlancar pemahaman mata pelajaran lain. Dari segi isi materi pengajaran bahasa dapat membantu setiap mata pelajaran lainnya. Sebelum memasuki sekolah formal, rata- rata anak Indonesia menggunakan bahasa daerahnya. Di sekolah, mereka diajari Bahasa Indonesia. Mulai Kelas 1 SD, Bahasa Indonesia sudah atau mulai dipakai sebagai bahasa pengantar. Mengingat pentingnya pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, khususnya di sekolah, perlu mendapatkan perhatian secara khusus. Di sisi lain, kondisi riil di lapangan menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya, pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, terutama di Sekolah Dasar, banyak kesulitan yang dihadapi oleh siswa.
 Para pakar dan pemerhati pendidikan banyak yang mengemukakan bahwa salah satu bentuk kesulitan para siswa di sekolah adalah dalam hal membaca. Hal ini dapat dilihat dalam merumuskan bentuk-bentuk kesulitan belajar, mereka mengidentifikasi salah satunya adalah membaca. Menurut Sudardi (2001) membaca merupakan aktifitas auditif dan visual untuk memperoleh makna dari simbol berupa huruf atau kata. Aktifitas ini meliputi dua proses, yaitu proses decoding, juga dikenal dengan istilah membaca teknis, dan proses pemahaman. Selanjutnya djelaskan oleh Sudardi (2001) yang dimaksud membaca teknis ialah proses decoding atau mengubah simbol-simbol tertulis berupa huruf atau kata menjadi sistem bunyi atau sejenisnya. Proses decoding ini juga disebut pengenalan kata.
Siswa kelas 1 di SD N CONTOH sebagian besar adalah siswa yang telah mengenal pendidikan TK, dengan tingkat kesadaran akan pentingnya pendidikan yang sudah cukup memadai, namun siswa kelas 1 masih mengalami kesulitan dalam hal memahami makna dan maksud dari kalimat-kalimat yang di baca karena mereka hanya membaca sekedar membaca. Siswa mengalami kesulitan ketika harus membaca kata-kata yang agak panjang sehingga apa yang hendak disampaikan masih sulit dipahami. Sebagian siswa juga menunjukkan indikasi malu kepada guru sehingga ketika guru memberikan bimbigan individu siswa justru diam. Melihat kondisi siswa yang lemah dalam hal pemahaman isi dan maksud kalimat merupakan tantangan berat bagi guru kelas 1 adalah dalam menyampaikan materi deskripsi benda karena siswa dihadapkan pada rangkain kalimat yang ujung-ujungnya merupakan petunjuk tentang sebuah benda  yang harus di tebak dengan benar.
Karena kenyataan tersebut maka peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk memecahkan permasalah tentang mendeskripsikan benda-benda di sekitar dengan sebuah design solusi berupa permainan tebak kata yang akan membuat siswa tertarik dan membuat pembelajaran yang sebelumnya dianggap sulit dan membosankan menjadi menyenangkan bagi siswa.
Metode Tebak kata merupakan penyampaian materi ajar dengan menggunakan kata-kata singkat dalam bentuk kartu permainan sehingga anak dapat menerima pesan pembelajaran melalui kartu itu. Menebak kata merupakan aktivitas pembelajaran yang pertama dan utama dalam mewujudkan keberhasilan proses belajar mengajar. Melalui tebak kata, siswa diarahkan untuk memahami dan mengetahui  pesan-pesan yang terkandung dalam amteri. Jadi dengan mampunya siswa menebak kata berarti mencerminkan kemampuan siswa dalam menguasai dan memahami materi  yang ada. Oleh karenanya, melalui metode tebak kata diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan siswa dalam mendeskripsikan benda-benda disekitar.
Oleh karena itu guru kelas  yang di sini juga berperan sebagai peneliti ingin melakukan kajian lebih dalam dengan mengambil judul “UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM MENDESKRIPSIKAN BENDA-BENDA DI SEKITAR MELALUI METODE TEBAK KATA DI KELAS 1 SDN CONTOH TAHUN AJARAN 2015/2016”


B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas di kelas 1 SD N CONTOH pada  semester 2 tahun ajaran 2015 -2016 ini adalah bagaimana meningkatkan meningkatkan ketrampilan siswa dalam mendeskripsikan benda-benda di sekitar melalui metode tebak kata di kelas 1 SDN CONTOH tahun ajaran 2015/2016?

C.Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan meningkatkan ketrampilan siswa dalam mendeskripsikan benda-benda di sekitar melalui metode tebak kata di kelas 1 SDN CONTOH tahun ajaran 2015/2016.

D. Pembatasan Penelitian 
Batasan penelitian dalam PTK yang berjudul “UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM MENDESKRIPSIKAN BENDA-BENDA DI SEKITAR MELALUI METODE TEBAK KATA DI KELAS 1 SDN CONTOH TAHUN AJARAN 2015/2016” ini adalah:
1) Ketrampilan Siswa Dalam Mendeskripsikan Benda-Benda
Yang dimaksud siswa dalam mendeskripsikan benda-benda dalam penelitian ini adalah ketrampilan siswa     menjelaskan ciri- ciri benda di sekitar
2) Metode Tebak Kata
Metode tebak kata yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah metode mengajar yang menyajikan penyampaian materi ajar dengan menggunakan kata-kata singkat dalam bentuk kartu permainan sehingga anak dapat menerima pesan pembelajaran melalui kartu itu.

E. Kegunaan Hasil Penelitian

1).    Manfaat Teoritis
Penelitian diharapkan dapat melengkapi teori pembelajaran yang berkaitan dengan kemampuan siswa menjelaskan ciri- ciri benda di sekitar melalui metode tebak kata pada siswa kelas I SD N CONTOH Tahun Pelajaran 2015/2016

2).    Manfaat Praktis
Manfaat bagi guru
             Meningkatkan profesionalisme guru.
             Menambah wawasan guru.
             Menambah pengetahuan tentang model pembelajaran.
             Manfaat bagi siswa
             Meningkatkan keaktifan dan minat belajar siswa dalam belajar.
             Meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan benda di lingkungan sekitar.
Manfaat bagi sekolah
- Memberi sumbangan yang berharga bagi sekolah bahwa penggunaan metode tebak kata dapat meningkatkan ketrampilan siswa menjelaskan ciri- ciri benda di sekitar
- Memberikan wawasan kepada guru-guru lain bahwa metode tebak kata dapat digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah rendahnya hasil belajar siswa.



 BAB II s/d LAMPIRAN (Click Disini)




CS 1 : 083849719063 (whatsapp)
CS 2 : 081220099019 (whatsapp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages