contoh Proposal PTK │ Penelitian Tindakan Kelas contoh proposal PTK │ Penelitian Tindakan Kelas │2 SD │Bahasa Indonesia │ ptk.id3 SD │ Bahasa Indonesia │ ptk.id




Di Bawah ini adalah contoh PTK SD kelas 3 dengan judul 
"UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PERMAINAN FLASH CARD PADA SISWA KELAS III SD N CONTOHTAHUN 2016/2017"


PENTING!!!!!
Namun bila mana anda tidak mempunyai waktu untuk mengerjakanya ,dan anda sedang memerlukanya secepat mungkin, Tenang kami hadir untuk membantu menyelsaikan masalah anda !

ya!! sekarang ambil HP android anda lalu hubungi (chat) CS kami: 


CS 1 : 083849719063 (whatsapp)
CS 2 : 081220099019 (whatsapp)
















PTK
(PENELITIAN TINDAKAN KELAS)


"UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PERMAINAN FLASH CARD PADA SISWA KELAS III SD N CONTOH
TAHUN 2016/2017"





Di susun oleh :

                                                                                       
……………………………….
NIP. …………………………





PEMERINTAH KABUPATEN CONTOH
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN CONTOH
SD N CONTOH
2016 / 2017


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan bukan hanya sekedar media untuk mewariskan kebudayaan kepada generasi seterusnya, akan tetapi pendidikan diharapkan  mampu merubah dan mengembangkan pola kehidupan bangsa ke arah yang lebih baik. Sesuai dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam Pasal 3 Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan  Nasional yang menyatakan bahwa: “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab”.
Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat  mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran dan atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 ayat (1) menyebutkan bahwa setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan, dan ayat (3) menegaskan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan  keimanan  dan  ketaqwaan  serta  akhlak  mulia  dalam     rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk itu seluruh komponen bangsa wajib mencerdaskan kehidupan bangsa yang merupakan salah satu tujuan Negara Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.
Tujuan pendidikan pada umumnya ialah menyediakan lingkungan yang memungkinkan anak didik untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya secara optimal, sehingga ia dapat mewujudkan dirinya dan berfungsi sepenuhnya, sesuai dengan kebutuhan pribadinya dan kebutuhan masyarakat. Sementara itu setiap orang mempunyai bakat dan kemampuan yang berbeda- beda pula.
Berkaitan dengan pernyataan tersebut, bahasa Indonesia merupakan suatu ilmu yang memegang peranan penting dalam mempercepat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lain, karena bahasa Indonesia merupakan sarana berpikir untuk menumbuh kembangkan cara berpikir logis, sistematis, dan kritis.
Mengingat pentingnya bahasa Indonesia baik dalam berbagai ilmu pengetahuan maupun dalam kehidupan sehari-hari, maka bahasa Indonesia diajarkan di setiap jenjang pendidikan dan merupakan pelajaran yang penting untuk dikuasai. Oleh karena itu dalam mengajar bahasa Indonesia seorang guru diharapkan mampu membangkitkan minat siswa untuk belajar bahasa Indonesia.
Pembelajaran bahasa Indonesia yang utama adalah sebagai alat komunikasi. Seorang anak belajar bahasa karena didesak oleh kebutuhan  untuk berkomunikasi dengan orang-orang di lingkungan sekitar. Oleh karena itu sejak dini anak-anak diarahkan agar mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar untuk berkomunikasi dalam berbagai situasi yaitu mampu menyapa, mengajukan pertanyaan, menjawab, menyebutkan pendapat, dan perasaan.
Dalam kaitannya dengan pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, terutama di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sidorejo tahun 2016/2017, masalah yang sering terjadi adalah kurangnya minat siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran yang disebabkan oleh bebarapa faktor, yaitu penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat, secara terus-menerus hanya menerapkan metode ceramah serta kurang pemanfaatan media pembelajaran secara optimal sehingga siswa  menjadibosan, yang memberikan efek kurang tercapainya tujuan pendidikan secara maksimal.
Kondisi yang sedemikian itu juga terjadi pada siswa kelas III SD N JContoh tahun 2016/2017. Hasil belajar bahasa siswa masih sangat rendah. Oleh karena itu peneliti sangat tertarik untuk melakukan sebuah Penelitian Tindakan Kelas dengan judul, “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Dengan Permainan Flash Card Pada Siswa Kelas III SD N JContoh Tahun 2016/2017”.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah yang dapat peneliti paparkan adalah: “Apakah dengan permainan flash card minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SD N JContoh dapat ditingkatkan?”

C. Tujuan Dan Manfaat Penelitian
1.      Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini diantaranya adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode permainan flash card untuk meningkatkn minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SD N JContoh Tahun 2016/2017.
2.      Manfaat Penelitian
a.            Manfaat Teoritis
Memberikan referensi tentang penggunaan metode permainan flash card sebagai upaya meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia, khususnya pada siswa kelas III SD N JContoh tahun 2016/2017.


b.            Manfaat Praktis
1)            Untuk Pendidik
Memberikan alternatif mengajar dengan metode yang berbeda,     untuk   memotivasi  serta menarik minat  siswa mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu agar hasil belajar siswa dapat tercapai secara optimal.
2)            Untuk Siswa
Meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia, agar mampu mendorong kemampuan siswa pada pelajaran yang lain. Dengan meningkatnya kemampuan berbahasa, maka akan memudahkan mereka untuk memahami materi-materi pelajaran yanglain.
3)            Untuk Lembaga Pendidikan
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memacu lembaga pendidikan untuk meningkatkan serta mengembangkan kemampuan mengajar pendidiknya, sehingga dengan meningkatnya kemampuan pendidik akan meningkat pula kualitas pembelajaran pada lembaga pendidikan, terutama di SD N JContoh.



BAB II s/d LAMPIRAN (click here)


CS 1 : 083849719063 (whatsapp)
CS 2 : 081220099019 (whatsapp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages