Di Bawah ini adalah contoh PTK SD kelas 3 dengan judul
"UPAYA
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PERMAINAN FLASH CARD PADA SISWA KELAS III SD N CONTOHTAHUN 2016/2017"
PENTING!!!!!
Namun bila mana anda tidak mempunyai waktu untuk mengerjakanya ,dan anda sedang memerlukanya secepat mungkin, Tenang kami hadir untuk membantu menyelsaikan masalah anda !
ya!! sekarang ambil HP android anda lalu hubungi (chat) CS kami:
CS 1 : 083849719063 (whatsapp)
CS 2 : 081220099019 (whatsapp)
(PENELITIAN TINDAKAN KELAS)
"UPAYA
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PERMAINAN FLASH CARD PADA SISWA KELAS III SD N CONTOH
TAHUN 2016/2017"
Di susun oleh :
……………………………….
NIP. …………………………
PEMERINTAH KABUPATEN
CONTOH
DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN CONTOH
SD N CONTOH
2016 / 2017
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan bukan hanya sekedar media untuk mewariskan kebudayaan kepada
generasi seterusnya, akan tetapi pendidikan diharapkan mampu merubah dan mengembangkan pola
kehidupan bangsa ke arah yang lebih baik. Sesuai dengan fungsi dan tujuan
pendidikan nasional yang tercantum dalam Pasal 3 Undang-Undang No. 20 tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
yang menyatakan bahwa: “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan
dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan mengembangkan potensi peserta didik
agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga
Negara yang demokratis serta bertanggungjawab”.
Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses
pembelajaran dan atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 ayat (1)
menyebutkan bahwa setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan, dan ayat
(3) menegaskan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem
pendidikan nasional yang meningkatkan
keimanan dan ketaqwaan
serta akhlak mulia
dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa. Untuk itu seluruh komponen bangsa wajib mencerdaskan
kehidupan bangsa yang merupakan salah satu tujuan Negara Indonesia sesuai
dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.
Tujuan pendidikan pada umumnya ialah menyediakan lingkungan yang
memungkinkan anak didik untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya secara
optimal, sehingga ia dapat mewujudkan dirinya dan berfungsi sepenuhnya, sesuai
dengan kebutuhan pribadinya dan kebutuhan masyarakat. Sementara itu setiap
orang mempunyai bakat dan kemampuan yang berbeda- beda pula.
Berkaitan dengan pernyataan tersebut, bahasa Indonesia merupakan suatu
ilmu yang memegang peranan penting dalam mempercepat penguasaan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang lain, karena bahasa Indonesia merupakan sarana
berpikir untuk menumbuh kembangkan cara berpikir logis, sistematis, dan kritis.
Mengingat pentingnya bahasa Indonesia baik dalam berbagai ilmu
pengetahuan maupun dalam kehidupan sehari-hari, maka bahasa Indonesia diajarkan
di setiap jenjang pendidikan dan merupakan pelajaran yang penting untuk
dikuasai. Oleh karena itu dalam mengajar bahasa Indonesia seorang guru
diharapkan mampu membangkitkan minat siswa untuk belajar bahasa Indonesia.
Pembelajaran bahasa Indonesia yang utama adalah sebagai alat komunikasi.
Seorang anak belajar bahasa karena didesak oleh kebutuhan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di
lingkungan sekitar. Oleh karena itu sejak dini anak-anak diarahkan agar mampu
menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar untuk berkomunikasi dalam
berbagai situasi yaitu mampu menyapa, mengajukan pertanyaan, menjawab,
menyebutkan pendapat, dan perasaan.
Dalam kaitannya dengan pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat Sekolah
Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, terutama di kelas III Madrasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Sidorejo tahun 2016/2017, masalah yang sering terjadi adalah
kurangnya minat siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran yang disebabkan
oleh bebarapa faktor, yaitu penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat,
secara terus-menerus hanya menerapkan metode ceramah serta kurang pemanfaatan
media pembelajaran secara optimal sehingga siswa menjadibosan, yang memberikan efek kurang
tercapainya tujuan pendidikan secara maksimal.
Kondisi yang sedemikian itu juga terjadi pada siswa kelas III SD N JContoh
tahun 2016/2017. Hasil belajar bahasa siswa masih sangat rendah. Oleh karena
itu peneliti sangat tertarik untuk melakukan sebuah Penelitian Tindakan Kelas
dengan judul, “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Dengan
Permainan Flash Card Pada Siswa Kelas III SD N JContoh Tahun 2016/2017”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka
rumusan masalah yang dapat peneliti paparkan adalah: “Apakah dengan permainan
flash card minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SD N JContoh dapat
ditingkatkan?”
C. Tujuan Dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Tujuan yang
ingin dicapai dalam penelitian ini diantaranya adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan metode permainan flash card untuk meningkatkn minat belajar Bahasa
Indonesia siswa kelas III SD N JContoh Tahun 2016/2017.
2. Manfaat Penelitian
a. Manfaat Teoritis
Memberikan
referensi tentang penggunaan metode permainan flash card sebagai upaya
meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia, khususnya pada siswa kelas III SD
N JContoh tahun 2016/2017.
b. Manfaat Praktis
1) Untuk Pendidik
Memberikan
alternatif mengajar dengan metode yang berbeda, untuk memotivasi
serta menarik minat siswa
mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu agar hasil belajar siswa
dapat tercapai secara optimal.
2) Untuk Siswa
Meningkatkan
kemampuan berbahasa Indonesia, agar mampu mendorong kemampuan siswa pada
pelajaran yang lain. Dengan meningkatnya kemampuan berbahasa, maka akan memudahkan
mereka untuk memahami materi-materi pelajaran yanglain.
3) Untuk Lembaga Pendidikan
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memacu lembaga pendidikan untuk meningkatkan
serta mengembangkan kemampuan mengajar pendidiknya, sehingga dengan meningkatnya
kemampuan pendidik akan meningkat pula kualitas pembelajaran pada lembaga
pendidikan, terutama di SD N JContoh.
BAB II s/d LAMPIRAN (click here)
CS 1 : 083849719063 (whatsapp)
CS 2 : 081220099019 (whatsapp)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar