Langkah Penyusunan Laporan PTK
1. Bagian Awal
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Abstrak
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar tabel/ lampiran
2. Bagian Isi
BAB I
PENDAHULUAN
a. Latar Belakang Masalah
dimulai dengan mendikripsikan
masalah penelitian secara jelas dengan dukungan data faktual yang menunjukkan
adanya masa-ah pada setting tertentu, pentingnya masalah untuk dipecahkan.
Uraikan bahwa masalah yang diteliti benar-benar nyata, berada dalam kewenangan
guru dan akibat yang ditimbulkan kalau masalah tidak dipecahkan.
b. Rumusan masalah
Selanjutnya masalah dirumuskan
dalam bentuk kalimat tanya, sehingga akan terjawab setelah tindakan selesai
dilakukan. Diupayakan rumusan masalah ini dapat dirinci dalam proses, situasi,
hasil yang diperoleh.
c. Tujuan Penelitian
Dalam tujuan penelitian hendaknya
dikemukakan secara rinci tujuan yang hendak dicapai sesuai dengan rumusan
masalah yang dikemukakan pada bagian sebelumnya.
d. Manfaat Penelitian
(rangkuman)Manfaat penelitian
agar dikemukakan secara wajar, tidak perlu ambisius, rumuskan yang terkait
dengan siswa, dan dapat juga diperluas ke guru.
BAB II KAJIAN
TEORETIK DAN PUSTAKA
Kemukakan teori dan hasil
kajian/temuan/penelitian yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Serta
memberi arah serta petunjuk pada pelaksanaan tindakan yang dilaksanakan dalam
penelitian. Diperlukan untuk dapat membangun argumentasi teoritis yang
menunjukan bahwa tindakan yang diberikan dimung-kinkan dapat meningkatkan mutu
proses pembelajaran di kelas. Pada akhir bab ini dapat dikemukakan hipotesis
tindakan.
BAB III
Prosedur/Metode Penelitian
Deskripsikan setting penelitian
secara jelas, tahapan di setiap siklus yang memuat: rencana, pelaksanaan/
tindakan, pemantuan dan evaluasi beserta jenis instrumen yang digunakan,
refleksi (perlu dibedakan antara metode penelitian pada usulan penelitian
dengan metode yang ada pada laporan penelitian). Tindakan yang dilakukan
berisfat rational, feasible, collaborative.
BAB IV HASIL DAN
PEMBAHASAN
Kemudian pada Bab IV, dideskripsikan setting penelitian
secara lengkap kemudian uraian masing-masing siklus dengan disertai data
lengkap berserta aspek-aspek yang direkam/diamati tiap siklus. Rekaman itu
menunjukkan terjadinya perubahan akibat tindakan yang diberikan. Ditunjukkan
adanya perbedaan dengan pelajaran yang biasa dilakukan. Pada refleksi diakhir
setiap siklus berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan dan kelemahan yang
tenjadi dalam bentuk grafik. Kemukakan adanya perubahan/kemajuan/perbaikan yang
terjadi pada diri siswa, lingkungan kelas, guru sendiri, minat, motivasi
belajar, dan hasil belajar. Untuk bahan dasar analisis dan pembahasan kemukakan
hasil keseluruhan siklus ke dalam suatu ringkasan tabel/ grafik. Dan
tabel/grafik rangkuman itu akan dapat memperjelas perubahan yang terjadi disertai
pembahasan secara rinci dan jelas.
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
Terakhir dalam Bab V sajikan
simpulan dan hasil penelitian sesuai dengan hasil analisis dan tujuan
penelitian yang telah disampaikan sebelumnya. Berikan saran sebagai tindak
lanjut berdasarkan simpulan yang diperoleh baik yang menyangkut segi positif
maupun negatifnya
3. Bagian Penunjang
Daftar Pustaka
Lampiran-Lampiran.
Anda Memerlukan :
CS 1 : 083849719063 (whatsapp)
CS 2 : 081220099019 (whatsapp)
PTK dikerjakan dari 0 menyesuaikan dengan keperluan masing - masing pemesan.
Tunggu apalagi, ayo sekarang buruan ambil HP anda ,dan japri dengan CS kami, baik sekedar mau bertanya maupun mau memesan , yang terpening hubungi sekarang. jangan tunda 1 haripun untuk kebaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar