Prosedur Dan Proses Model dan Jenis PTK │ Pnelitian Tindakan KelasPenelitian Tindakan Kelas

Prosedur Dan Proses Penelitian Tindakan Kelas



1.       Ide awal
Pada umumnya ide awal yang menggayut di Penelitian tindakan kelas (PTK) ialah terdapatnya suatu permasalahan yang berlangsung didalam kelas. Ide awal tersebut diantaranya beupa suatu upaya yang dapat ditempuh untuk mengatasi permasalahan.
2.       Pra Survei
Pra survei dimaksudkan untuk mengetahui secara detail kondisi yang terdapat di suatu kelas yang akan diteliti.
3.       Diagnosis
Diagnosis dilakukan oleh para peneliti yang tidak terbiasa mengajar disuatu kelas yang akan dijadikan sasaran penelitian. Peneliti dari luar lingkungan kelas  perlu melakukan diagnosa atau dugaan-dugaan sementara mengtenai timbulnya suatu permasalahan yang muncul didalam kelas. Dengan diperolehnya hasil diagnosis, peneliti akan dapat menntukan berbagai hal, misalnya strategi pengajaran, media dan materi pengajaran yang tepat dalam kaitannya dengan implementasi PTK.
4.       Perencanaan
Perencanaan dalam Penelitian tindakan kelas (PTK) dapat dipisahkan menjadi dua, yaitu perencanaan umum dan khusus. Perencanaan umum dimaksudkan untuk menyusun rancangan yang meleputi keseluruhan aspek yang terkait PTK. Sedangkan perencanaan khusus dimaksudkan untuk menyusun rancanagan dari siklus persiklus.
5.       Implementasi Tindakan
Implementasi tindakan pada prinsipnya merupaan realisasi dari suatu tindakan yang sudah direncanakan sebelumnya. Strategi apa yang digunakan, materi apa yang diajarkan dan lain sebagainya.
6.       Pengamatan
Pengamatan, observasi atau monitoring dapat dilakukan sendiri oleh peneliti atau kolaborator yang memang diberi tugas untuk itu. Pada saat melakukan monitoring pengamat perlu mencatat semua peristiwa yang terjadi dalam kelas penelitian.
7.       Refleksi
Yang dimaksud dengan refleksi adalah uapaya evaluasi yang dilakukan oleh para kolaborator atau partisipan yang terkait dengan suatu PTK yang dilaksanakan. Refleksi ini dilakukan dengan kolaboratif, yaitu adanya diskusi terhadap berbagai masalah yang terjadi di kelas penelitian. Dengan demikian refleksi dapat ditentukan setelah adanay implementasi tindakan dan hasil observasi. Berdasarkan observasi ini pula suatu perbaikan tindakan saelanjutnya ditentukan.
8.       Penyusunan Laporan
9.       Hasil PTK Dilaporkan


Anda Memerlukan :


CS 1 : 083849719063 (whatsapp)
CS 2 : 081220099019 (whatsapp)

PTK dikerjakan dari 0 menyesuaikan dengan keperluan masing - masing pemesan.

Tunggu apalagi, ayo sekarang buruan ambil HP anda ,dan japri dengan CS kami, baik sekedar mau bertanya maupun mau memesan , yang terpening hubungi sekarang. jangan tunda 1 haripun untuk kebaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages